Minggu, 06 Mei 2012

Peralatan Jaringan komputer

1. NIC (Network Interface Card)
         Kartu Jaringan yang sering digunakan pada saat ini adalah PCI, kartu jaringan ini digunakan  untuk menghuibungkan PC ke Jaringan komputer, Port yang disediakan yaitu untuk konektor RJ-45, konektor AUI, Konektor BNC.
 2. HUB adalah Perangkat yang digunakan untuk menyambung kabel jaringan dari komputer ke hub. Port pada hub terdiri dari 8, 12 dan 24 port untuk RJ-45 dan biasanya topologi yang sering digunakan adalah Star/Bintang. Dan apabila suatu komputer mengirim data maka komputer lain juga menerimanya.
3. Bridge

Suatu alat yang digunakan untuk meneruskan atau penyambung paket-paket Jaringan yang berbeda misalnya Jaringan Token Ring akan dihubungkan dengan LAN Ethernet atau menghubungkan satu Jaringan LAN ke Jaringan LAN lainnya, dan Bridge juga dapat menghubungkan antara kabel yang berbeda pula.
4. Router
Router adalah suatu perangkat yang bertugas untuk melakukan Routing atau menghubungkan kedua Jaringan yang berbeda kelas IP Adrress sehingga jaringan tersebut dapat berkomunikasi sehingga jaringan-jaringan yang berskala besar mampu diatasi, Router tidak beda jauh dengan Bridge hanya teknologinya yang lebih tinggi dari bridge.

5. Media Perkabelan
Kabel digunakan untuk menghubungkan komputer ke komputer atau komputer ke hub. Beberapa jenis kabel yang sering digunakan yaitu :
a. Kabel TP (Twisted Pair)
Kabel ini terbagi 2 macam jenis yaitu UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair). Kedua bentuk ini berbeda, untuk kabel UTP tidak memiliki selubung pembukusnya sedangkan STP memilki selubung pembungkus. Kedua jenis kabel tersebut fungsi sama dan sama-sama terhubung dengan konektor RJ-11 dan RJ-45 kabel ini dapat mengurangi interferensi listrik. Dapat melewati sinyal 10-100 Mbps, Jarak kabel antara komputer dengan hub tidak lebih dari 100 m dan haya dapat menangani satu chanel data.
b. Kabel Coaxial
Kabel ini cocok digunakan pada Jaringan LAN dan Bandwidth (lebar jalur) yang besar sehingga kecepatan transfer data lebih cepat, kabel ini terbagi 2 macam yaitu Thin Coaxial dan Thick Coaxial, Jarak terpajang yang dapat ditempuh oleh sinyal adalah 500 -2500 m dari repeater. Namun kabel ini tidak sering digunakan dalam jaringan karena berat, kabel ini cocok untuk topologi ring dan bus.
c. Kabel Fiber Optic
Kabel ini hanya digunakan oleh perusahaan besar karena fasilitasnya yang nyaman, namun sangatlah mahal, bandwidth besar, tahan dari cuaca dan panas, instalasinya mudah dan setiap client terhubung dengan hub melalui gelombang radio atau infra red.
http://surbun88edu.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar